Breaking News
Loading...

Info Post
Kambing yang dipelihara di dalam kandang jarnag sekali jalan-jalan sampai jauh sehingga kukunya tak pernah terasah oleh batu-batuan dan tanah yang keras. Akibatnya, kuku akan tumbuh lebih panjang dan lebih cepat dari pada ausnya kuku itu sendiri. Kambing yang digembalakan kukunya tidak akan tumbuh terlalu panjang karena lebih sering berjalan jauh terutama jika berjalan di atas tanah yang keras dan berbatu.

Kuku kaki yang tumbuh panjang dapat menghambat kegiatan sehari-hari seperti naik turun kandang, berjalan untuk mencari pakan dan minum, dan berdiri dengan baik sewaktu melakukan perkawinan. Kuku yang yang terlalu panjang dapat menyebabkan kambing susah berjalan dan mudah cidera. Bahkan pada saat berjalan, posisi jalannya akan timpang. Kalau yang jatuh itu kambing yang sedang bunting, bisa mengakibatkan keguguran.

Pemeriksaan kuku kambing sebaiknya dilakukan tiga bulan sekali. Jika pertumbuhan kuku terlalu panjang, sebaiknya dipotong dengan menggunakan pisau kacip, yaitu pisau khusus untuk memotong kuku kambing. Pemotongan kuku dilakukan dengan hati-hati dan sedikit demi sedikit sampai rata dan berbentuk normal seperti semula atau seperti bentuk kuku kambing yang normal.