Breaking News
Loading...

Info Post
Kambing yang sudah dewasa akan memiliki kebiasaan suka berkelahi. Akibatnya timbul luka-luka karena terkena tanduknya yang panjang. Untuk mencegah terjadinya luka-luka, sebaiknya tanduk ini dihilangkan. Proses ini akan berlangsung mudan dan aman jika kambing yang akan dihilangkan tanduknya baru berumur sekitar 3 minggu.

Untuk menghilangkan tanduk kambing diperlukan pipa besi berdiameter 2 cm yang panjangnya sekitar 46 cm. pada salah satu ujungnya dipasang tongkat kayu sebagai pegangan. Alat lainnya adalah gunting dan tungku pembakar. Cara memotong tanduk kambing adalah sebagai berikut.
1)    Bulu di sekitar tanduk digunting bersih dan dicuci dengan sabun kemudian dikeringkan dengan kapas bersih.
2)    Pipa besi dibakar dalam tungku, lalu ditempelkan pada kulit di sekitar tunas tanduk. Perlakuan dilakukan dengan cepat, yaitu hanya sekitar 2 detik. Jika berlangsung lebih lama, bisa merusak sel otak.
3)    Tunas tanduk yang benar-benar terbakar akan mudah dikelupas. Luka akibat pengelupasan diobati dengan bubuk atau salep, seperti penicillin atau tertracyclin. Kambing disuntik dengan obat tetanus antitoksin. Tunas tanduk yang benar-benar tercabut tidak akan tumbuh lagi.

Bersamaan dengan pencabutan tanduk pada anak kambing jantan, dilakukan pula penghilangan bau. Caranya dengan membakar daerah lingkungan di bawah tanduk. Perlakuan ini dapat mengurangi bau tak sedap pada kambing jantan setelah dewasa.