Breaking News
Loading...

Info Post
Perlengkapan kandang sangat diperlukan dalam rangka mempermudah pemeliharaan ternak kambing. Perlengkapan kandang yang dibutuhkan saat pemeliharaan kambing dijelaskan seperti berikut.

1.            Tempat pakan (palungan)

Perlengkapan ini biasanya dibuat dari bamboo atau kayu papan. Palungan diletakkan menempel di sisi kandang dengan ukuran dasar selebar 25 cm, tinggi (dalam) 50 cm, lebar bagian atasnya 50 cm, serta panjang disesuaikan dengan panjang kandang. Lebar celah kandang untuk tempat mengeluarkan kepala kambing ketika makan sekitar 30 cm. jarak antara dasar tempat pakan dengan lantai kandang setinggi 25 cm.

2.            Tempat hijauan pakan

Wadah ini sebagai tempat untuk menyeleksi pakan hijauan sebelum diberikan kepada kambing. Pakan hijauan diharapkan tidak kotor, basah, dan tercampur bahan pakan lain yang bisa merugikan kesehatan ternak. Wadah mirip palungan dibuat agak jauh dari kandang. Tempat ini digunakan untuk meletakkan, menyimpan, meniriskan, dan sedikit melayukan hijauan sebelum diberikan kepada ternak kambing yang dipelihara.


3.            Tempat minum

Tempat minum yang biasa digunakan adalah ember plastik atau wadah lain yang serupa. Tempat minum ini setelah diisi air bersih disimpan di pinggir kandang bagian dalam agar ternak kambing dapat memanfaatkannya, terutama saat akan minum. Selain itu, dapat mempermudah peternak saat akan mengambil, membersihkan, dan mengisi air kembali.

4.            Tempat kompos

Tempat kompos berfungsi untuk mengumpulkan kotoran. Tempat ini berada di bawah kolong kandang panggung berupa lubang galian dalam tanah yang cukup dalam agar dapat menampung kotoran yang banyak. Kotoran dan air kencing kambing ditampung di dalamnya. Kotoran kambing ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk kandang karena banyak mengandung nitrogen, kalium, dan fosfor sehingga sangat baik untuk memupuk tanaman. Setiap ekor kambing yang beratnya 50 kg, dapat menghasilkan pupuk kandang minimal 1 ton dalam setahun.

5.            Pintu kandang

Daun pintu cukup lebar dan tinggi sehingga ternak maupun pemeliharaannya dapat dengan mudah keluar masuk kandang. Pintu kandang ini dapat dibuat dari papan kayu atau bambu.

6.            Tangga

Kandang panggung mutlak memerlukan tangga sebagai sarana naik dan turun ternak maupun pemeliharaannya. Tangga kandang ini biasanya dibuat agak landai, tidak licin, dan terdapat alur-alur melintang guna menahan kaki ketika ternak sedang berjalan naik atau turun tangga.

7.            Ruang utama

Ruang kandang adalah ruang utama tempat ternak agar bisa bergerak leluasa didalamnya. Ruangan kandang sebaiknya disesuaikan dengan jenis kambing. Namun, biasanya setiap ekor kambing dewasa memerlukan ruang seluas 1,5 m x 1 m.